Sabtu, 22 Agustus 2009

Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia Merupakan bahasa resmi negara republik indonesia. Tapi dalam kenyataannya, Sudahkah kita yang menjadi, yang menempati bumi indonesia ini menggunakan bahasa indonesia? Sudahkah dalam keseharian kita menggunakana bahasa indonesia?

Bahasa Indonesia yang mulai sekolah dasar kita kenal, sebagai bahasa mata pelajaran Bahasa Indonesia. Akan tetapi dalam banyak hal Bahasa Indonesia belum bisa menjadi bahasa ibu. Masih Banyak yang menggunakan bahasa daerahnya sebagai bahasa ibu.

Kawan-kawanku semua, bagaimanakah nasib diri anda dalammenyikapi Bahasa Indonesia ini?

Dalam perjalanannnya Bahasa Indonesia sangatlah lama. Mulai disiratkan dalam sumpah Pemuda 1928 dulu, Bahasa Indonesia kira-kira sudah tua jika diukur dengan umur manusia. Kira-kira orang yang mengalami sumpah pemuda ada gak ya orang yang sampai sekarang masih hidup. Kalau ada sudah berapa umurnya, hehee... sudah tua bangat kali yaa..


Bahasa Indonesia diresmikan pada kemerdekaan Indonesia tahun 1945. Bahasa Indonesia merupakan bahasa dinamis yang hingga sekarang terus menghasilkan kata-kata baru, baik melalui penciptaan, maupun penyerapan dari bahasa daerah dan asing. Bahasa Indonesia adalah dialek baku dari bahasa Melayu yang pokoknya dari bahasa Melayu Riau sebagaimana diungkapkan oleh Ki Hajar Dewantara dalam Kongres Bahasa Indonesia I tahun 1939 di Solo, Jawa Tengah, "jang dinamakan 'Bahasa Indonesia' jaitoe bahasa Melajoe jang soenggoehpoen pokoknja berasal dari 'Melajoe Riaoe', akan tetapi jang soedah ditambah, dioebah ataoe dikoerangi menoeroet keperloean zaman dan alam baharoe, hingga bahasa itoe laloe moedah dipakai oleh rakjat di seloeroeh Indonesia;Pembaharoean bahasa Melajoe hingga menjadi bahasa Indonesia itoe haroes dilakoekan oleh kaoem ahli jang beralam baharoe, ialah alam kebangsaan Indonesia". atau sebagaimana diungkapkan dalam Kongres Bahasa Indonesia II 1954 di Medan, Sumatra Utara, "...bahwa asal bahasa Indonesia ialah bahasa Melaju. Dasar bahasa Indonesia ialah bahasa Melaju jang disesuaikan dengan pertumbuhannja dalam masjarakat Indonesia".

Mari kita lestarikan dan kita gunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar.



0 komentar:

Posting Komentar

Gunakan Name/URL, Agar Ada Linknya