Rabu, 26 Agustus 2009

Aspek-Aspek Dalam Micro Teaching

ASPEK –ASPEK YANG DILATIH DALAM MICRO TEACHING

1. Ketrampilan membuka pelajaran, dengan komponen-komponen:
1. menarik perhatian siswa
1. Letak posisi guru
2. Penggunaan media pembelajaran
3. Menerangkan dengan cara yang komunikatif.
2. Merangsang motivasi siswa,
1. Menimbulkan kehangatan dan keantusiasan
2. Memancing rasa ingin tahu
3. Memperhatikan minat siswa.
3. Memberi acuan
1. Mengemukakan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan batas-batas tugas
3. Menjelaskan langkah-langkah kegiatan belajar yang akan dilakukan
4. Mengingatkan masalah pokok yang akan dibahas.
5. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan.
4. Membuat kaitan
1. Membuat kaitan antarmateri yang relevan
2. Membandingkan pengetahuan baru dan tekah diketahui siswa
3. Menjelaskan konsep sebelum memberikan uraian

2. Ketrampilan menutup pelajaran dengan komponen-komponen;
1. Meninjau kembali
1. Merangkum kembali bahan pelajaran
2. Siswa ditugas meringkas materi sajian
2. Mengevaluasi dengan bentuk-bentuk antara lain;
1. Mengaplikasikan ide baru
2. Mengevaluasi pendapat siswa
3. Memberi soal-soal
3. Tindak lanjut dengan bentuk:
1. Mengerjakan LKS
2. Pemberian tugas untuk dikerjakan di rumah
4. Ketrampilan menjelaskan dengan komponen-komponen:
1. Mengerjakan LKS
2. Pemberian tugas

3. Ketrampilan menjelaskan dengan komponen-komponen:
1. Kemampuan menganalisis dan merencanakan
1. Yang berhubungan dengan isi pesan
* menganalisis masalah secara keseluruhan
* Menentukan jenis hubungan yang ada antara unsur-unsur yang dikaitkan
* Menggunakan hokum, rumus, generalisasi yangs sesuai dengan hubungan yang telah ditentukan
* Pola penjelasan deduktif-induktif.
2. Yang berhubungan dengan penerimaan pesan;
* Penjelasan cukup relevan dengan pertanyaan siswa
* Penjelasan memadai (mudah diserap siswa).
2. Kemampuan menyajikan suatu penjelasan, antara lain;
1. Kejelasan
2. Penggunaan contoh dan ilustrasi
3. Pemberian tekanan
4. Penjelasan yang sistematis
5. Kemampuan mengadakan penggalan-penggalan penjelasan
6. Balikan

4. Ketrampilan bertanya, dengan komponen;
1. Komponen ketrampilan bertanya
o jelas dan singkat
o Pemberian acuan
o Pemusatan
o Pindah gilir
o Penyebaran
o Pemberian waktu berpikir
o Pemberian tunjungan
2. Tingkat Pertanyaan
o Pengetahuan (C1)
o Pemahaman(C2)
o Penerapan(C3)
o Analisis(C4)
o Sintesis(C5)
o Evaluasi(C6)

5. Ketrampilan variasi stimuli dengan komponen;
1. Variasi dalam gaya mengajar guru
o Penggunaan variasi suara
o Pemusatan perhatian
o Kesenyapan
o Mengadakan kontak dengan pandangan
o Gerakan badan dan mimik
o Pergantian posisi guru dalam kelas
2. Variasi dalam penggunaan media dan bahan pelajaran
o Relevan dalam tujuan pembelajaran
o Penggunaan multi media
o Penggunaan multi indera
o Ketrampilan mengoperasikan media

3. Variasi pola interaksi dan kegiatan siswa: pola interaksi (Guru-kelompok; guru-murid; murid-murid)

6. Ketrampilan penguatan, dengan komponen:
1. Penguatan verbal (kata-kata maupun kalimat)
2. Penguatan noverbal (mimik, pantomimic, sentuhan, dan gesture)
3. Cara penguatan (pemberian penguatan dengan segera, variasi penguatan, dan ketepatan penguatan).
4. Prinsip penggunaan penguatan (kehangatan, kebermaknaan, keantusiasan).

7. Ketrampilan membimbing diskusi kelompok dengan komponen:
1. Memusatkan perhatian
o Merumuskan tujuan
o Merumuskan masalah dan merumuskan kembali
o Menandai hal-hal yang tidak relevan
o Membuat rangkuman bertahap
2. Memperjelas masalah atau urun pendapat;
o Memparafrase
o Merangkum
o Menggali
o Menguraikan secara rinci
3. Mengalisis pandangan siswa
o Merekam ketidaksetujuan dan persetujuan
o Meneliti alasan
4. Meningkatkan peran serta siswa;
o menimbulkan perencanaan
o menggunakan contoh
o menggunakan hal-hal yang actual dan factual
o menunggu
o memberi dukungan
5. menyebarkan kesempatan berpartisipasi;
o meneliti pandangan
o mencegah pembicaraan yang berlebihan
o menghentikan (melarang) monopoli.
6. Menutup diskusi
o Merangkum
o Memberi gambaran yang akan dating
o Menilai


0 komentar:

Posting Komentar

Gunakan Name/URL, Agar Ada Linknya