Rabu, 12 Agustus 2009

Akan Ada Hujan Meteor Perseids

Hujan Meteor Perseids

Kata itulah yang saya merasa heran, ketika kursor ini saya letakkan di atas gambar pada pencarian google. Google emang setiap ada event-event tertentu di seluruuh dunia, selalu Update. Selalu respesct terhadap kejadian apa aja yang ada di belahan dunia. Tak terkecuali indonesia.

Mulai dari hari bumi, hari kartini, hari buruh dan lain-lainnya, di pencarian google, pasti ada gambar yang sesuai dengan apa yang sedang terjadi. Sebegitu besarnya google.

Kali ini bertepatan dengan Adanya Hujan Meteor Perseids. Sebenarnya saya gak tahu apa itu Meteor Perseids, tapi karena saya merasa aneh, lho google ini lagi ada acara apa, kok di pencariannya ada gambar lucu. Setelah saya cari tahu, ternyata ada kejadian Hujan Meteor Perseids.

Hujan meteor tahunan Perseid diharapkan akan jatuh pada pekan ini dan menjadi pertunjukkan alam yag menakjubkan di atas langit. Namun memang perlu kesabaran ekstra untuk menunggu dari malam hingga pagi hari, apalagi bila ingin mengabadikan melalui pemotretan atau video.

perseidsDi Amerika Utara, waktu terbaik untuk menonton diperkirakan akan terjadi tengah malam nanti hingga pukul 05.00 pagi. Pertunjukkan alam ini tentu saja akan bisa disaksikan apabila cuaca juga mendukung, tanpa ada awan yang menutupi atau mendung.

Perseids selalu dapat menunjukkan pemandangan indah di langit, bahkan kadang-kadang spektakuler. Sayangnya dalam pekan ini, Perseids mencapai puncak pada Selasa dan Rabu malam, sementara bulan akan berada pada posisi tertinggi di langit.

Meski demikian, para pengamat langit di seluruh dunia akan memiliki kesempatan yang baik dari tempat yang lebih cerah untuk melihat hujan meteor ini. Beberapa belahan bumi sudah menikmati pertunjukkan itu.

Perseids sendiri adalah potongan dari puing-puing Comet Swift-Tuttle, yang jatuh tersebar di lokasi yang berbeda-beda, yang telah berlangsung selama berabad-abad dalam orbit matahari. Setiap Agustus, Bumi melewati aliran puing-puing ini, yang menyebar dari waktu ke waktu.


"Mereka (puing-puing) ini biasanya bergerak cepat, cerah dan kadang-kadang meninggalkan jejak garis-garis panjang," kata Joe Rao, kolumnis di SPACE.com 's. "Dan sekali-sekali, Perseids juga terlihat seperti bola api yang cukup cerah dan sangat spektakuler. Akan mampu menarik perhatian bahkan lebih terang dari cahaya bulan."

Dilaporkan bahwa bumi mulai memasuki jalur sungai Perseids pada akhir Juli. Meteor-meteor ini tidak lebih besar dari butiran kacang. Mereka akan menguap karena memasuki atmosfer bumi, sehingga membuat cahaya cerah di langit.

Seperti kebanyakan hujan meteor, jam antara tengah malam dan dini hari biasanya waktu terbaik untuk menonton. Para Astronom mengharapkan hujan meteor ini mencapai 200 meteors per jam hingga 15 menit atau lebih.



Tips Melihat dan Mengabadikan Hujan Meteor

Lokasi terbaik jauh dari kota dan lampu gedung-gedung. Idealnya, menemukan struktur, seperti gunung atau pohon. Meteors dapat muncul di manapun, di atas kepala kita. Membawa tikar dan berbaring mungkin akan bisa mengurangi rasa pegal mendongak ke atas. Dan pandangan ke langit bisa lebih luas. Selimut atau jaket tebal jangan lupa untuk mengusir hawa dingin. Kursi santai bukan ide buruk untuk diangkut pula.

Jangan lupa kamera, baik untuk pemotretan atau video, sangat dianjurkan untuk menggunakan tripod. Selain bisa meredam getaran dan goyang, tangan juga tidak pegal mengarahkan kamera terus menerus ke atas. Sebelum mengarahkan cek terlebih dulu kepekaan cahaya atau sering disebut ISO atau ASA. Bisa menggunakan asa rendah untuk mendapatkan efek gerak atau asa tinggi untuk mendapat hasil yang maksmal, asa rendah antara 100-500 dan asa tinggi pada 800-3.200 (tergantung kondisi yang terjadi). Untuk kamera digital jangan ragu untuk mengubah-ubah asa untuk mendapatkan hasil terbaik.

Untuk kamera video, jangan lupa mengatur white balance, agar mendapatkan warna sesuai atau mendekati kenyataan. Caranya dengan menaruh kertas putih di depan kamera dan direkam beberapa menit. Untuk kamera foto, bisa dilakukan white balance dengan beberapa kali menjepret ke kertas putih beberapa kali.

Baca Juga di blog ini yang berjudul "Meteor Perseids Akan Hadir 12-14 Agust 2009"

Sumber : www.TempoInteraktif.com

0 komentar:

Posting Komentar

Gunakan Name/URL, Agar Ada Linknya